Hubungan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika selama pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 5 Demak tahun ajaran 2021/2022

Pertiwi, Nabila Ayu (2023) Hubungan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika selama pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 5 Demak tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056048_Nabila Ayu Pertiwi_Lengkap] Text (Skripsi_1808056048_Nabila Ayu Pertiwi_Lengkap)
Skripsi_1808056048_Nabila Ayu Pertiwi_Lengkap Tugas Akhir - nabila ayu pertiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara daring selama pandemic covid-19 memberi pengalaman-pengalaman baru bagi siswa dengan adanya kemudahan maupun kendala dalam proses pelaksanaannya. Pengalaman pembelajaran daring matematika yang cenderung baru dialami oleh siswa SMP Negeri 5 Demak, memunculkan persepsi-persepsi baru terhadap mata pelajaran matematika. Maka dari itu penting dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terjadi hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika selama pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII TA. 2021/2022 di SMP Negeri 5 Demak dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 122 siswa. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data persepsi terhadap mata pelajaran matematika diambil dari angket, sedangkan data hasil belajar diambil dari nilai matematika siswa ranah kognitif semester ganjil 2021/2022. Metode analisis data penelitian dilakukan dengan metode korelasi Pearson Product Moment. Proses analisis data penelitian menghasilkan koefisien korelasi atau rhitung=0,1953 yang dikonsultasikan dengan rtabel=0,1779, dapat disimpulkan bahwa rhitung<rtabel yang berarti terjadi hubungan atau korelasi antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika selama pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika. Arah hubungan negatif atau bertolak belakang dengan kriteria sangat lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring; Matematika; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:50
Last Modified: 12 Nov 2024 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25047

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics