Perancangan user interface aplikasi pemasaran pada Ikilo Kopi dengan metode design thinking

Listyaningrum, Listyaningrum (2023) Perancangan user interface aplikasi pemasaran pada Ikilo Kopi dengan metode design thinking. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908096042_Listyaningrum] Text (Skripsi_1908096042_Listyaningrum)
Skripsi_1908096042_Listyaningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Digital marketing merupakan salah satu media pemasaran yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Salah satu bentuk digital marketing yang saat ini sedang populer yaitu adanya layanan pesan antar makanan dan minuman secara online dengan hanya menggunakan aplikasi pada smartphone yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Apalagi selama pandemi COVID-19 yang terjadi dari awal tahun 2020 membuat penggunaan online food delivery semakin diminati oleh pengguna internet. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan analisis dan merancang sebuah user interface aplikasi pemasaran online dengan tujuan untuk mengembangkan pemasaran kafe Ikilo Kopi yang mungkin akan menarik lebih banyak pengunjung. Dalam perancangan user interface aplikasi pemasaran ini, peneliti menggunakan metode design thinking yang terdiri dari 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test (David Kelley, 1951). Pada penelitian ini pengujian melibatkan 23 responden dengan 22 responden bertindak sebagai user dan 1 responden bertindak sebagai admin. Hasil pengujian dengan System Usability Scale (SUS) didapatkan nilai total sebesar 70,1 atau jika dilihat dari adjective rating berada di tingkatan good, sedangkan jika dilihat dari acceptability range menunjukan bahwa hasil prototype rancangan user interface aplikasi pemasaran pada Ikilo Kopi adalah acceptable atau dapat diterima oleh calon pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: User Interface (UI); Aplikasi pemasaran; Metode design thinking
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Nov 2024 00:22
Last Modified: 13 Nov 2024 00:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics