Analisis kemampuan komunikasi matematis materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari self confidence siswa kelas VIII 2 SMP PLUS Darul Hikmah

Rusyda, Attina (2023) Analisis kemampuan komunikasi matematis materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari self confidence siswa kelas VIII 2 SMP PLUS Darul Hikmah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056076_Attina Rusyda_Lengkap] Text (Skripsi_1808056076_Attina Rusyda_Lengkap)
Skripsi_1808056076_Attina Rusyda_Lengkap Tugas Akhir - UIN_ Attina Rusyda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa adalah self confidence. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ditinjau dari self confidence siswa kelas VIII 2 SMP PLUS Darul Hikmah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas (VIII 2) yang berjumlah 11 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self confidence siswa kelas VIII 2 SMP PLUS Darul Hikmah terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan tingkat self confidence tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan tingkat self confidence sedang mampu memenuhi indikator 1, dan 2 kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan tingkat self confidence rendah hanya mampu memenuhi 1 indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Self Confidence; Sistem persamaan linier dua variabel (spldv)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Nov 2024 01:50
Last Modified: 13 Nov 2024 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25059

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics