Efektivitas pembelajaran flipped classroom berbantuan modul berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Saputra, Muhammad Novi Arya (2022) Efektivitas pembelajaran flipped classroom berbantuan modul berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056079_MUHAMMAD NOVI ARYA SAPUTRA_Full Skripsi - M novi arya saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas pembelajaran flipped classroom berbantuan modul berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 48 siswa SMP Islam Al-Madina Semarang. Analisis data menggunakan uji Independent t-test. Uji Independent t-test menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model flipped classroom berjalan efektif dengan hasil thitung 1,920 >ttabel 1,676. Sehingga menghasilkan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matenatika kelas yang memperoleh pembelajaran flipped classroom berbantuan modul berbasis etnomatematika dengan yang tidak memperoleh metode tersebut. Hasil penelitian merekomendasikan menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantuan modul berbasis etnomatematika untuk membantu siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Flipped classroom; Etnomatematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 01:59 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 01:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25061 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year