Efektivitas media pembelajaran video animasi terhadap kepercayaan diri matematis dan pemahaman konsep siswa di SMP Negeri 31 Semarang

Huda, Aulia Widya (2022) Efektivitas media pembelajaran video animasi terhadap kepercayaan diri matematis dan pemahaman konsep siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056080_Aulia Widya Huda_Lengkap] Text (Skripsi_1808056080_Aulia Widya Huda_Lengkap)
Skripsi_1808056080_Aulia Widya Huda_Lengkap Tugas Akhir - Aulia Widya Huda_ UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepercayaan diri matematis dan pemahaman konsep siswa di SMP Negeri 31 Semarang yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran video animasi terhadap kepercayaan diri matematis dan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi perbandingan. Pada penelitian ini menggunakan desain posttest only control design dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t sebagai uji pihak kanan untuk angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis angket kepercayaan diri matematis diperoleh Thitung= 6,920 dan rata-rata tes pemahaman konsep diperoleh t=4,467 dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=1,671 untuk variabel kepercayaan diri matematis, sedangkan t >0,0316 untuk variabel pemahaman konsep. Maka Ho ditolak dengan kriteria kepercayaan diri matematis Thitung>ttabel dan kriteria pemahaman konsep ttabel >0,0316 Sehingga media pembelajaran video animasi efektif terhadap kepercayaan diri matematis dan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi perbandingan. Hal ini dikarenakan media video animasi didesain agar siswa tertarik dengan materi sehingga membentuk kepercayaan diri matematis dan menemukan pemahaman konsep secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Video animasi; Kepercayaan diri; Matematis; Pemahaman konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:42
Last Modified: 13 Nov 2024 02:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics