Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa peserta olimpiade di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang ditinjau dari self-regulated learning
Nursifa, Latifa Qorin (2023) Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa peserta olimpiade di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang ditinjau dari self-regulated learning. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056082_Latifa Qorin Nursifa_Full Skripsi - UIN_Latifa Qorin Nursifa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa peserta olimpiade yang ditinjau dari tingkat self-regulated learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui angket, tes, dan wawancara. Subjek penelitian dalam riset ini berasal dari 3 siswa peserta olimpiade matematika di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Kemudian dipilih subjek penelitian yang mewakili perbedaan kategori self-regulated learning. Selanjutnya, hasil tes dan wawancara dianalisis setiap butir soal berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis, yaitu: fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), originality (keaslian), dan elaboration (keterincian).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa peserta olimpiade matematika di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang
tahun pelajaran 2022/2023 mempunyai tingkat self-regulated
learning yang berbeda, dari klasifikasi hasil angket pada 3 siswa, hanya diperoleh dua kategori self-regulated learning, yang berbeda, yakni rendah dan sedang. (2) siswa peserta olimpiade matematika dengan self-regulated learning rendah memperoleh nilai tes kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM) yang lebih rendah daripada siswa dengan self- regulated learning sedang. (3) siswa peserta olimpiade matematika dengan self-regulated learning rendah tidak mampu mencapai dengan baik indikator fluency, flexibility, originality dan elaboration. Sementara itu, siswa peserta olimpiade matematika yang memiliki self-regulated learning sedang mampu mencapai dengan baik indikator fluency, flexibility, originality dan elaboration pada 3 soal, dari keseluruhan 4 butir tes KBKM yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kreatif; Matematis; Self- regulated learning; Siswa; Olimpiade matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25065 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year