Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap sikap teliti dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MIPA MAN 2 Rembang

Azizi, Muhammad Rifqi (2022) Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap sikap teliti dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MIPA MAN 2 Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056090_Muhammad Rifqi Azizi_Full] Text (Skripsi_1808056090_Muhammad Rifqi Azizi_Full)
Skripsi_1808056090_Muhammad Rifqi Azizi_Full Skripsi - R_Azizi 23.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan terdapat permasalahan dalam pembelajaran siswa yaitu berupa kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap teliti siswa yang tergolong variatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap teliti siswa.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah XI MIPA MAN 2 Rembang tahun ajaran 2022/2023. Pemilihan kelas sampel berdasarkan nilai pretest yang telah diadakan dengan cara cluster random sampling yang menghasilkan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Analisis yang digunakan yaitu uji t independen untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan uji t berpasangan untuk angket sikap teliti.
Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas eksperimen sebesar 76,07 sedangkan kelas kontrol 68,90. Dari hasil uji t independen menghasilkan Thitung=2,093 dan ttabel=1,673. Karena thitung>ttabel maka H1 diterima, sehingga Realistic Mathematic Education efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Rata-rata angket sikap teliti setelah diberikan perlakuan 74,03 sedangkan sebelum diberikan perlakuan 7014 Dari hasil uji t berpasangan menghasilkan Thitung=2,345 dan ttabel=1,691 Karena thitung>ttabel maka H1 diterima, sehingga Realistic Mathematic Education efektif terhadap sikap teliti siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mathematic education; Masalah matematis; Sikap teliti
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:42
Last Modified: 13 Nov 2024 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics