Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran game based learning berbasis matching pairs pada materi bangun ruang sisi datar

Islami, Azim Izul (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran game based learning berbasis matching pairs pada materi bangun ruang sisi datar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056092_AZIM IZUL ISLAMI_Full] Text (Skripsi_1808056092_AZIM IZUL ISLAMI_Full)
Skripsi_1808056092_AZIM IZUL ISLAMI_Full Skripsi - Azim Izul Islami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yang teridentifikasi di lapangan pada saat penelitian pendahuluan yang menyatakan bahwa kemampuan komunikasi siswa masih kurang dalam mengutarakan ide atau gagasan pengetahuannya baik kepada teman sejawat maupun guru. Selain itu matematika diklaim sebagai mata pelajaran yang susah sekaligus membosankan dan merasa monoton dengan proses pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa karena dapat menunjang keberhasilan suatu pembelajaran di kelas. Kemampuan komunikasi dapat dipengaruhi salah satunya oleh ketepatan dan variasi penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran Games Based Learning (GBL) merupakan salah satu model yang cocok diterapkan untuk melatih keterampilan komunikasi matematis siswa. Karena selain berbasis permainan pada model tersebut terdapat tahapan yang mampu melatih kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu tahap small discussion group dan presentasi kelas berdasarkan kesalahan yang dilakukan pada saat game. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Games Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs NU Jejeg. Teknik pengambilan data pada penelitian ini melalui tes tertulis, observasi pembelajaran dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan di lapangan pada saat proses pembelajaran menggunakan model GBL terdapat kegiatan yang mampu melatih keterampilan komunikasi matematis siswa berupa permainan, presentasi kelas dan kelompok diskusi, siswa aktif dalam proses pembelajaran dan terlihat senang sehingga pembelajaran tersebut mampu memotivasi siswa. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukan 13,33% siswa dalam kategori tinggi, 70% siswa sedang dan 16,67% pada kategori rendah serta siswa dengan kemampuan tinggi mampu menguasai 4 indikator komunikasi matematis. Siswa dengan kemampuan sedang hanya mampu menguasai 2 indikator dan siswa dengan kemampuan rendah tidak mengusai semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang cukup mampu menguasai indikator 1 sedangkan siswa dengan kemampuan rendah tidak menguasai. Jumlah indikator yang dikuasai menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara siswa dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menguasai suatu kemampuan matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Model pembelajaran; Game based learning; Matching pairs
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:56
Last Modified: 13 Nov 2024 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25072

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics