Analisis kemampuan literasi matematika pada soal berorientasi pisa konten change and relationship berdasarkan perspektif gender
Agustina, Rina Ayu (2022) Analisis kemampuan literasi matematika pada soal berorientasi pisa konten change and relationship berdasarkan perspektif gender. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056097_Rina Ayu Agustina_Full_Skripsi - UIN_Rina Ayu Agustina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan literasi matematika bagi peserta didik dikarenakan berkaitan dengan kemampuan-kemampuan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan yang relevan dengan permasalahan. Indikator kemampuan literasi matematika mengadopsi dari PISA. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika adalah karakteristik peran gender tiap individu. Aspek gender memiiki peranan dalam perbedaan kemampuan kecakapan individu, yang mana pembelajaran matematika dipandang perlu memperhatikan karakteristik masing-masing peran gender yang diupayakan dapat menciptakan pembelajaran matematika yang responsif terhadap gender.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika peserta didik pada soal berorientasi PISA konten change and relationship berdasarkan perspektif gender di kelas XII IPA Imersi MA Hasyim Asy’ari Bangsri yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah berasal dari siswa kelas XII IPA Imersi yang berjumlah 29 peserta didik. Subjek penelitian dipilih sesuai kategori ketercapaian hasil tes tinggi dengan keterwakilan keempat kategori karakteristik peran gender, yaitu faminin, maskulin, androgini, dan undifferentiated. Data dalam penelitian diperoleh dari tes, angket, dan wawancara.
Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika peserta didik yang mempunyai ketercapaian nilai tes tinggi dalam karakteristik gender feminin, maskulin, androgini, dan undifferentiated cenderung menunjukkan ketercapaian kemampuan yang berbeda. Adapun hasil yang diperoleh yaitu subjek dengan karakteristik peran gender feminin mampu memenuhi secara maksimal enam dari tujuh indikator kemampuan literasi matematika, subjek dengan karakteristik peran gender maskulin mampu mencapai enam indikator kemampuan literasi matematika dengan kurang maksimal hasilnya, subjek dengan karakteristik peran gender androgini mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan literasi matematika dengan belum mencapai skor maksimal, serta subjek dengan karakteristik peran gender undifferentiated mampu memenuhi lima dari tujuh indikator kemampuan literasi matematika dengan hasil yang kurang maksimal.
K
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi matematika; Karakteristik peran gender; Soal PISA; Konten change and relationship |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:25 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25076 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year