Pengembangan bahan ajar e-comic berbasis etnomatematika terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 3 Tualang Riau tahun ajaran 2022/2023

Hafizhah, Dhea Putri (2023) Pengembangan bahan ajar e-comic berbasis etnomatematika terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 3 Tualang Riau tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056002_Dhea Putri Hafizhah_Full] Text (Skripsi_1908056002_Dhea Putri Hafizhah_Full)
Skripsi_1908056002_Dhea Putri Hafizhah_Full Skripsi - Dhea Putri Hafizhah UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-comic matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tualang Riau. Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tualang Riau. Salah satu hal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah minat baca peserta didik. Minat baca peserta didik dapat ditingkatkan melalui bahan ajar yang inovatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pengujian bahan ajar dilakukan dengan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Sampel penelitian adalah kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 7 sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar pada aspek kevalidan termasuk ke dalam kategori sangat valid dengan rata-rata sebesar 4,65. Berdasarkan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik diperoleh persentase sebesar 4,5 termasuk kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh pendidik diperoleh persentase sebesar 4,4 termasuk kategori sangat praktis. Keefektifan bahan ajar diperoleh dari hasil uji independent sample t test dan one sample t test untuk mengukur apakah kelas rata-rata eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol serta mengukur ketuntasan belajar peserta didik. Uji independent sample t test dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa Thitung>ttabel yaitu 8,7438>1,67065. Serta hasil uji one sample t test menujukkan Thitung>ttabel yaitu 4,36326>1,67065 Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar e-comic matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar efektif terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tualang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; E-comic; Etnomatematika; Prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:21
Last Modified: 14 Nov 2024 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics