Efektivitas model aptitude treatment interaction dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi statistika kelas 8 SMP Muhammadiyah 8 Semarang

Izzati, Azkiya Dzil (2023) Efektivitas model aptitude treatment interaction dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi statistika kelas 8 SMP Muhammadiyah 8 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056003_Azkiya Dzil Izzati_Lengkap] Text (Skripsi_1908056003_Azkiya Dzil Izzati_Lengkap)
Skripsi_1908056003_Azkiya Dzil Izzati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah 8 Semarang yang masih rendah. Kemampuan pemahaman konsep sangat penting karena menjadi dasar dalam memecahkan masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep adalah model pembelajaran. Siswa membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya. Salah satu model yang dapat mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa yaitu model Aptitude Treatment Interaction (ATI). Model ATI merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada perbedaan kemampuan siswa dalam menerima pengetahuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran ATI efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi statistika kelas 8 SMP Muhammadiyah 8 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-postest. Sampel penelitian menggunakan nilai pretest dan postest siswa kelas 8A yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep siswa sesudah mendapatkan pembelajaran dengan moldell pelmbellajaran ATI lebih baik dari rata-rata nilai sebelum mendapatkan pembelajaran dengan moldell pelmbellajaran ATI, kemudian diperoleh hasil keefektifannya sebesar 49,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ATI efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas 8 pada materi statistika di SMP Muhammadiyah 8 Semarang sebesar 49,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aptitude Treatment Interaction (ATI); Model pembelajaran; Pemahaman konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:28
Last Modified: 14 Nov 2024 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics