Pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 18 Semarang

Fahrum, Erin Ninda Khofifah (2023) Pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 18 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ERIN NINDA_1908056036_Full Skripsi - Erin Ninda K.F] Text (SKRIPSI_ERIN NINDA_1908056036_Full Skripsi - Erin Ninda K.F)
SKRIPSI_ERIN NINDA_1908056036_Full Skripsi - Erin Ninda K.F.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kecerdasan visual-spasial merupakan salah satu faktor yang diduga mempengaruhi pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa khususnya pada geometri materi bangun ruang sisi datar. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual-spasial (X) terhadap pemahaman konsep matematis (Y_1) siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 18 Semarang dan (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual-spasial (X) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis (Y_2) siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 18 Semarang. Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIIIA, VIII C, dan VIII D sebagai sampel penelitian dengan total 82 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes. Pada uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil pada penelitian ini didapatkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual-spasial terhadap pemahaman konsep matematis dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan visual-spasial; Pemahaman konsep matematis; Berpikir kreatif matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:25
Last Modified: 14 Nov 2024 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics