Pengembangan media pembelajaran pop-up book dengan pendekatan matematika realistik pada materi bangun ruang limas kelas VIII SMP

Salamah, Umi (2023) Pengembangan media pembelajaran pop-up book dengan pendekatan matematika realistik pada materi bangun ruang limas kelas VIII SMP. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056049_Umi Salamah_Full] Text (Skripsi_1908056049_Umi Salamah_Full)
Skripsi_1908056049_Umi Salamah_Full Skripsi - Umi Salamah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian pengembangan ini adalah kurangnya minat siswa untuk mempelajari materi bangun ruang limas dan minimnya media ajar, yang menyebabkan siswa kesulitan mempelajari materi tersebut sehingga berdampak pada prestasi belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid, praktis, serta dapat meningkatkan minat siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C di SMP Negeri 16 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu: lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respons siswa dan guru, serta angket minat belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan penilaian Skala Likert dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book Limas valid dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran, serta dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penilaian ahli media menunjukkan persentase skor rata-rata keseluruhan sebesar 85% yang berarti media pembelajaran terbilang sangat valid. Media juga dikatakan sangat praktis dengan persentase skor sebesar 86%. Peningkatan minat belajar siswa memperoleh nilai Standar Gain sebesar 0,79 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pop-up book; Minat belajar;Mmatematika realistik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 05:51
Last Modified: 14 Nov 2024 05:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics