Efektivitas model pembelajaran creative problem solving berbantu wizer.me terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah materi peluang SMAN 13 Semarang

Rakhma, Puteri (2022) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving berbantu wizer.me terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah materi peluang SMAN 13 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056051_Puteri Rakhma_Lengkap] Text (Skripsi_1908056051_Puteri Rakhma_Lengkap)
Skripsi_1908056051_Puteri Rakhma_Lengkap Tugas Akhir - Puteri Rakhma UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan tergolong rendahnya minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah peseta didik kelas X SMA Negeri 13 Semarang. Hal ini disebabkan pembelajaran yang berfokus kepada guru sehingga minat belajar yang semakin menurun seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu Wizer.me. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peningkatan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu Wizer.me terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi peluang kelas X SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design dan desain penelitian berupa Nonequivalent Kontrol Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Semarang dengan kelas XE-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XE-3 sebagai kelas kontrol dengan pengambila sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah angket minat belajar dan tes tulis pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar kelas eksperimen dan peningkatan minat belajar yang ditunjukkan dalam uji peningkatan N-Gain didapat N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang ditunjukkan dalam uji peningkatan N-Gain didapat N-Gain sebesar 0,62 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Creative Problem Solving; Wizer.me; Minat belajar; Pemecahan masalah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 05:58
Last Modified: 14 Nov 2024 05:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics