Upaya meningkatkan hasil belajar muatan lokal baca tulis Al Qur’an dengan metode reading aloud siswa kelas VI MII Dekoro kota Pekalongan tahun Pelajaran 2010/2011
Yusuf, Much (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar muatan lokal baca tulis Al Qur’an dengan metode reading aloud siswa kelas VI MII Dekoro kota Pekalongan tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111238_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (557kB) | Preview
73111238_bab1.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
73111238_bab2.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
73111238_bab3.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
73111238_bab4.pdf - Accepted Version
Download (150kB) | Preview
73111238_bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
73111238_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Peneliti ini adalah Peneliti Tindakan Kelas ( Classroom Action Research). Yang dilakukan melaui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan : 1 ) Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan metode Reading Aloud pada mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an materi pokok hafalan Surat Yasin kelas VI MII Dekoro kota Pekalongan, yaitu guru harus mempersiapkan RPP dan perangkat pembelajaran dengan baik. Guru harus lebih meningkatkan motivasi perserta didik. Guru harus dapat menjelaskan alur pembelajaran dengan metode Reading Aloud. Guru mendemonstrasikan Reading Aloud secara pelan-pelan, guru menunjuk beberapa siswa yang dapat membaca dengan lancar untuk mendemonstrasikan Reading Aloud menggantikan guru secara bergantian, siswa yang lain memperhatikan dengan seksama. Guru mengisi lembar observasi siswa. 2) Perolehan nilai peserta didik pada masing- masing silkus di atas menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar, peserta didik yang semula pada siklus I ada 9 peserta didik yang tidak tuntas belajar, nilai ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 65,38 % dengan rata-rata hasil belajar 69,61. Pada siklus II hasil belajar meningkat peserta didik yang tuntas belajar mencapai 76,92 % atau 21 peserta didik dari 26 peserta didik yang diteliti dan rata-rata hasil belajar 75,20 hal ini menunjukkan bahwa metode Reading Aloud dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an materi pokok hafalan Surat Yasin.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Al-Qur’an; Metode Pembelajaran; Reading Aloud; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 01:19 |
Last Modified: | 17 Jul 2014 01:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2511 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year