Analisis kemampuan literasi matematika pada konten space and shape ditinjau dari gender siswa SMPN 5 Semarang tahun ajaran 2022/2023

Wulan, Ayu Nawang (2023) Analisis kemampuan literasi matematika pada konten space and shape ditinjau dari gender siswa SMPN 5 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056103_Ayu Nawang Wulan_Lengkap] Text (Skripsi_1908056103_Ayu Nawang Wulan_Lengkap)
Skripsi_1908056103_Ayu Nawang Wulan_Lengkap Tugas Akhir - Ayu Nawang Wulan UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecakapan yang dibutuhkan di era global yaitu kemampuan literasi matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika adalah perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan literasi matematika pada konten space and shape ditinjau dari perbedaan gender siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Semarang yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 29 siswa. Kemudian dipilih enam siswa terdiri dari 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki yang masing-masing siswa berdasarkan tingkat kemampuan literasi matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa tes tertulis dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa laki-laki lebih baik daripada kemampuan literasi matematika siswa perempuan. Siswa laki-laki kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator literasi matematika, subjek mampu mengidentifikasi aspek suatu masalah matematika (A1), menerjemahkan suatu permasalahan ke dalam representasi secara matematika (A2), merencanakan strategi (B1), menerapkan konsep matematika (B2), menafsirkan kembali solusi yang didapat ke dalam konteks kehidupan nyata (C1), dan menjelaskan hasil atau kesimpulan yang diperoleh sesuai dengan permasalahan yang diberikan (C2). Siswa perempuan kategori tinggi mampu memenuhi indikator A1, B1, B2, C1, dan C2. Sedangkan siswa laki-laki dengan kategori sedang mampu memenuhi indikator A1, A2, B1, dan B2. Selanjutnya siswa perempuan kategori sedang mampu memenuhi indikator A1 dan B1. Sementara itu, siswa laki-laki dan siswa perempuan kategori rendah cenderung tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika pada konten space and shape.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi matematika; Konten space and shape; Gender
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Nov 2024 06:49
Last Modified: 15 Nov 2024 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25124

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics