Pengaruh tipe kepribadian keirsey dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Mazro’atul Huda Karanganyar

Mufidah, Nabila Naila (2023) Pengaruh tipe kepribadian keirsey dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Mazro’atul Huda Karanganyar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056110_Nabila Naila Mufidah_Lengkap] Text (Skripsi_1908056110_Nabila Naila Mufidah_Lengkap)
Skripsi_1908056110_Nabila Naila Mufidah_Lengkap Tugas Akhir - Nabila Naila Mufidah UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik, banyak faktor yang dapat mempengaruhi diantaranya adalah tipe kepribadian dan kecerdasan emosional. Penggolongan tipe kepribadian pada penelitian ini mengambil pendapat dari David Keirsey, sehingga dinamakan tipe kepribadian keirsey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh signifikan antara tipe kepribadian keirsey X1 terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) siswa kelas IX MTs Mazro’atul Huda Karanganyar; (2) apakah terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional X2 terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) siswa kelas IX MTs Mazro’atul Huda Karanganyar; (3) apakah terdapat pengaruh signifikan antara tipe kepribadian keirsey X1 dan kecerdasan emosional X2 secara simultan terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) siswa kelas IX MTs Mazro’atul Huda Karanganyar. Populasi pada penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas IX MTs Mazro’atul Huda Karanganyar yang berjemlah 161 peserta didik. Sampel penelitian diambil 36 peserta didik dan 36 peserta didik untuk uji coba instrumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian diambil menggunakan metode angket dan tes tertulis. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara tipe kepribadian keirsey dan kemampuan komunikasi matematis; (2) terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional dan kemampuan komunikasi matematis; (3) terdapat pengaruh signifikan antara tipe kepribadian keirsey dan kecerdasan emosional secara simultan terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosinal; Komunikasi matematis; Tipe kepribadian
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Nov 2024 07:08
Last Modified: 15 Nov 2024 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25129

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics