Efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terintegrasi nilai keislaman terhadap self efficacy dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII

Hikam, Alfani Wahidul (2023) Efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terintegrasi nilai keislaman terhadap self efficacy dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056112_Alfani Wahidul Hikam_Full] Text (Skripsi_1908056112_Alfani Wahidul Hikam_Full)
Skripsi_1908056112_Alfani Wahidul Hikam_Full Skripsi - Alfani W. Hikam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan self efficacy dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTs Thoriqotul Ulum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terintegrasi nilai keislaman dalam meningkatkan kemampuan self efficacy dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTs Thoriqotul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yaitu menggunakan seluruh populasi yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai skor angket self efficacy pada kelas eksperimen adalah 42,58, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 39,62. Kemudian uji perbedaan rata-rata menggunakan uji-t diperoleh t_hitung=2,429 dan t_tabel=2,001. Dikarenakan t_hitung>t_tabel disimpulkan bahwa rata-rata self efficacy kelas eksperimen lebih dari rata-rata kelas kontrol. Kemudian hasil penelitian nilai posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen adalah 56,77, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 41,84. Kemudian uji perbedaan rata-rata menggunakan uji-t diperoleh t_hitung=3,875 dan t_tabel=2,001. Dikarenakan t_hitung>t_tabel disimpulkan bahwa rata-rata berpikir kritis kelas eksperimen lebih dari rata-rata kelas kontrol. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terintegrasi nilai keislaman efektif terhadap kemampuan self efficacy dan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTs Thoriqotul Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Numbered heads together; Integrasi keislaman; Self efficacy; Berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Nov 2024 07:27
Last Modified: 15 Nov 2024 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25130

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics