Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif pada model pembelajaran team assisted individualization di SMP Muhammadiyah 09 Gemuh

Azizah, Alifiah Nur (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif pada model pembelajaran team assisted individualization di SMP Muhammadiyah 09 Gemuh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056115_Alifiah Nur Azizah_Full] Text (Skripsi_1908056115_Alifiah Nur Azizah_Full)
Skripsi_1908056115_Alifiah Nur Azizah_Full_Skripsi - Alifiah Nur Azizah UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas terkait analisis kemampuan pecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa dalam model pembelajaran Team Assisted Individualization. Latar belakang adanya penelitian ini karena kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah yang dibuktikan oleh hasil Programme for International Student Assesment (PISA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya kognitif yaitu field dependent dan field independent dalam model pembelajaran Team Assisted Individualization dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian mix methods atau metode penelitian kombinasi. Desain penelitian ini menggunakan explanatory sequential design. Seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 09 Gemuh, Kendal sebagai populasi dan sampel. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 09 Gemuh, Kendal, yang dipilih dua siswa dengan gaya kognitif field dependent dan dua siswa dengan gaya kognitif field independent. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independent hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent berkategori baik pada tahap memahami masalah, berkategori cukup pada tahap merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali, serta berkategori kurang pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, 3) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field independent berkategori baik pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, serta berkategori cukup pada tahap melaksanakan penyelesaian masalah dan memerika kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Matematika; Gaya kognitif;Model pembelajaran; Team assisted individualization
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Nov 2024 07:33
Last Modified: 15 Nov 2024 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25133

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics