Efektivitas model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa kelas VIII pada materi peluang MTs Negeri 1 Kota Semarang tahun ajaran 2022/2023

Fatima, Lailatul (2023) Efektivitas model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa kelas VIII pada materi peluang MTs Negeri 1 Kota Semarang tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056119_Lailatul Fatima_Full] Text (Skripsi_1908056119_Lailatul Fatima_Full)
Skripsi_1908056119_Lailatul Fatima_Full Skripsi - Lailatul Fatima.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika dan self efficacy siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa kelas VIII pada materi peluang MTs Negeri 1 Kota Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian kuantitatif digunakan dalam penenelitian ini dengan metode eksperimen yang menerapkan posttest design dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis data diperoleh menggunakan t-test untuk tes tertulis posttest kemampuan berpikir kritis dan angket self efficacy. Hasil analisis data diperoleh t_hitung pada kemampuan berpikir kritis yaitu 4,147 dan t_hitung pada self efficacy siswa yaitu 4,077. Sedangkan nilai t_tabel pada kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa adalah 1,671. Hal tersebut menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yang berarti rata-rata kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa kelas VIII pada materi peluang MTs Negeri 1 Kota Semarang tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem posing; Berpikir kritis; Self efficacy
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Nov 2024 08:50
Last Modified: 15 Nov 2024 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics