Pengembangan e-modul dengan flip pdf professional berbasis gamifikasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel

Rahmawati, Dwi Ariny (2023) Pengembangan e-modul dengan flip pdf professional berbasis gamifikasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056128_Dwi Ariny Rahmawati_Full] Text (Skripsi_1908056128_Dwi Ariny Rahmawati_Full)
Skripsi_1908056128_Dwi Ariny Rahmawati_Full_Skripsi - Dwi Ariny Rahmawati UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis gamifikasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel, dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan e-modul berbasis gamifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development), menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Produk diuji validitasnya oleh ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba produk adalah siswa kelas XI-9 SMA Negeri 08 Semarang yang berjumlah 36 siswa.
Hasil penelitian ini adalah (1) e-modul berbasis gamifikasi memenuhi kriteria valid oleh ahli media sebesar 85,29% dengan kategori sangat valid, dan ahli materi sebesar 95,83% dengan kategori sangat valid, (2) hasil uji kepraktisan berdasarkan respon siswa sebesar 74,15% dengan kategori praktis dan respon guru sebesar 95,56% dengan kategori sangat praktis, dan (3) minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22,14%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul matematika; Gamifikasi; Persamaan linear tiga variabel; Minat Belajar Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Nov 2024 01:48
Last Modified: 18 Nov 2024 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25141

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics