Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan Information, Communication, and Technologies (ICT) terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun ruang kelas VII MTs. Miftahul Huda Tayu

Aistafania, Aistafania (2023) Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan Information, Communication, and Technologies (ICT) terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun ruang kelas VII MTs. Miftahul Huda Tayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKripsi_2008056002_AISTAFANIA_SKRIPSI FULL] Text (SKripsi_2008056002_AISTAFANIA_SKRIPSI FULL)
SKripsi_2008056002_AISTAFANIA_SKRIPSI FULL - Aistafania 03.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari di MTs. Miftahul Huda Tayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan Information, Communication, and Technologies (ICT) efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs. Miftahul Huda Tayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Design yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan soal tes. Hasil analisis data diperoleh kemampuan komunikasi siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan Information, Communication, and Technologies (ICT) dengan t_(hitung=) 14,606 dan t_(tabel )=1,703. Dengan kata lain rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan Information, Communication, and Technologies (ICT) efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang kelas VII MTs. Miftahul Huda Tayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Model pembelajaran; Missouri Mathematics Project (MMP); Information,Communication, and Technologies (ICT)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:18
Last Modified: 18 Nov 2024 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25143

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics