Peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Al-qur’an Hadits materi penerapan hukum tajwid melalui media audio visual di MTs Nurussibyan Wonosari Ngaliyan Semarang
Wibowo, Hadlir (2011) Peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Al-qur’an Hadits materi penerapan hukum tajwid melalui media audio visual di MTs Nurussibyan Wonosari Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111243_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (447kB) | Preview
73111243_bab1.pdf - Accepted Version
Download (89kB) | Preview
73111243_bab2.pdf - Accepted Version
Download (243kB) | Preview
73111243_bab3.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
73111243_bab4.pdf - Accepted Version
Download (210kB) | Preview
73111243_bab5.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
73111243_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (7kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini rumusan permasalahan yang diangkat adalah : Apakah dengan penerapan media audio visual bisa lebih meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Haditt materi penerapan hukum tajwid di MTs.Nurussibyan Wonosari Ngaliyan Semarang Tahun 2010. Dari rumusan masalah diatas ,penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui apakah dengan penerapan media audio visual bisa lebih meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi penerapan hukum tajwid di MTs. Nurussibyan Wonosari Ngaliyan Semarang Tahun 2010 .
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase. Untuk membuktikannya peneliti menggunakan 3 siklus yaitu Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs. Nurussibyan sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa Penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi pokok hukum tajwid. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata ulangan harian yang mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari nilai rata rata hasil tes pra siklus 59,58 pada tes tulis, dan nilai rata – rata tes baca / tartil 59,75 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 50 %, sedangkan nilai rata - rata hasil tes siklus I 64,25 pada tes tulis, dan nilai rata – rata tes baca / tartil 65,75 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 65 % , dan nilai rata- rata hasil tes siklus II 69,5 pada tes tulis, dan nilai rata – rata tes baca / tartil 72 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 100 %. Hal ini berarti telah mengalami peningkatan yang bagus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu Tajwid; Media Pembelajaran; Audio Visual; Prestasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 01:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2014 01:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2515 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year