Pengaruh perilaku keagamaan orang tua, lingkungan sekolah dan konformitas, pada sikap terhadap agama dan keberagamaan siswa pendidikan menengah : studi di SMA dan MA Kabupaten Blora
Munawar, Munawar (2023) Pengaruh perilaku keagamaan orang tua, lingkungan sekolah dan konformitas, pada sikap terhadap agama dan keberagamaan siswa pendidikan menengah : studi di SMA dan MA Kabupaten Blora. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Disertasi_1600039039_Munawar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Tujuan Pendidikan Agama Islam diantaranya adalah: meningkatkan Sikap positif terhadap Agama dan Keberagamaan. Kedua variabel ini banyak dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung secara simultan dalam satu model analisis jalur. Hipotesis yang diuji adalah: 1) Perilaku Keagamaan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, dan Konformitas berpengaruh pada Sikap terhadap Agama; 2) Perilaku Keagamaan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, dan Konformitas berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung (melalui Sikap terhadap Agama) pada Keberagamaan.
Pengujian hipotesis tersebut dilakukan berdasarkan data empiris yang dikumpulkan dengan angket. Subjek penelitian ini terdiri dari 224 yang dipilih dari siswa SMA di Kabupeten Blora. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur atau path analysis, yang secara teknis menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program computer SPSS versi 25. Terlebih dahulu data dianalisis dengan menggunakan secara deskriftif untuk mengetahui kecenderungan subjek.
Hasil analisis jalur terhadap data yang terkumpul menunjukkan bahwa kedua hipotesis yang diuji tidak dapat diterima sepenuhnya secara empiris. Hal ini karena tidak semua variabel indpenden berpengaruh secara signifikan pada variabel dependen. Pertama, dari ketiga variabel eksogenus hanya Perilaku Keagamaan Orang Tua yang berpengaruh secara signifikan pada Sikap terhadap Agama. Sedangkan Lingkungan Sekolah dan Konformitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Kedua, sebagaimana hipotesis pertama, Perilaku Keagamaan Orang Tua berpengaruh secara signifikan pada Keberagamaan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Sikap terhadap Agama. Sementara itu Lingkungan Sekolah dan Konformitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan, baik langsung maupun langsung.
Disarankan pendidikan di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah dan madrasah agar mengedepankan pendiddikan sikap terhadap agama, karena diawali dengan sikap terhadap agama yang positif akan menghasilkan keberagamaan yang positif.
Item Type: | Thesis (Dr/PhD) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keberagamaan; Perilaku keagamaan; Orang tua; Lingkungan sekolah; Konformitas; Sikap terhadap agama |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:54 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25162 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year