Pengembangan modul Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan literasi sains peserta didik

Naharia, Nurul Izza (2023) Pengembangan modul Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076062_Nurul Izza Naharia_Lengkap Tugas Akhir - Nurul Izza Naharia] Text (Skripsi_1708076062_Nurul Izza Naharia_Lengkap Tugas Akhir - Nurul Izza Naharia)
Skripsi_1708076062_Nurul Izza Naharia_Lengkap Tugas Akhir - Nurul Izza Naharia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi karena tingkat literasi sains peserta didik tergolong rendah, bahan ajar yang digunakan kurang menarik minat peserta didik untuk belajar, belum berbasis pemecahan masalah, serta masih jarang mengaitkan fenomena kehidupan sehari-hari dengan materi kimia yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul PBL berkonteks SSI pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, dengan subjek penelitian 9 dan 32 peserta didik untuk uji pengembangan kelas kecil dan besar dari kelas XI MIPA MA Manahijul Huda Ngagel. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, dan soal literasi sains. Teknik analisis data menggunakan rumus Aiken’s pada validasi ahli materi, media, dan soal literasi sains, nilai kategori respons peserta didik, uji Paired Sample t- test, dan nilai n-gain. Kelayakan modul berdasarkan ahli materi dan ahli media masing-masing adalah 0,96 dengan kategori valid, hasil respons peserta didik memperoleh presentase sebesar 80,97% dengan kategori baik, hasil uji paired sample t-test dengan thitung = 8,06354 > ttabel = t0,05;31 = 2,03951 dan n-gain sebesar 0,34589 dengan kategori sedang. Dari data-data tersebut, maka modul PBL berkonteks SSI pada materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul; Problem based learning; Socio scientific Issues; Kesetimbangan kimia; Literasi sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:09
Last Modified: 19 Nov 2024 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25173

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics