Strategi SDM bank syariah dalam meningkatkan online onboarding (OOB) pembukaan rekening dan key performance indicator (KPI) : studi kasus pada BSI KCP Pati Kutoharjo

Rohim, Sorfina (2023) Strategi SDM bank syariah dalam meningkatkan online onboarding (OOB) pembukaan rekening dan key performance indicator (KPI) : studi kasus pada BSI KCP Pati Kutoharjo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2005036027 _Sorfina_Rohim] Text (Skripsi_2005036027 _Sorfina_Rohim)
SKRIPSI Sorfina Rohim - Hayu Nabila Ma’al Sukma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi digital yang begitu pesat menghasilkan kemajuan inovasi produk dan layanan perbankan syariah yang meningkat, sehingga perbankan syariah mengadopsi layanan online onboarding pembukaan rekening. Adopsi pembukaan rekening online yang seharusnya menjadikan kemudahan nasabah dalam proses pembukaan rekening menjadi terkendala akibat kurangnya pemahaman nasabah terkait digital banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas SDM BSI KCP Pati Kutoharjo dalam pengaplikasian online onboarding pembukaan rekening dan key performance indicator, strategi yang dilakukan BSI KCP Pati Kutoharjo dalam meningkatkan layanan pembukaan rekening online dan key performance indicator, serta hambatan yang terjadi pada saat proses implementasi pembukaan rekening online melalui BSI Mobile.
Penelitian ini menggunakan metodelogi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut akan dianalisa menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas SDM BSI KCP Pati Kutoharjo dalam pengaplikasian online onboarding pembukaan rekening dan key performance indicator dilihat berdasarkan dengan indikator kualitas SDM pada bank, strategi yang diterapkan bank BSI KCP Pati Kutoharjo dalam upaya meningkatkan layanan online onboarding pembukaan rekening dan key performance indicator dengan konsistensi aktivasi BSI Mobile melalui metode FR, OBBT, dan Vidio Call. Sedangkan hambatan yang dihadapi oleh BSI KCP Pati Kutoharjo dalam proses implementasi pembukaan rekening online dan key performance indicator adalah kurangnya pemahaman nasabah terkait digital banking, kendala system yang terjadi pada saat proses pembukaan rekening, dan rasa takut nasabah dalam proses uploud data untuk pembukaan rekening.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: SDM; OOB pembukaan rekening; key performance indicator, BSI Mobile
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:43
Last Modified: 19 Nov 2024 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics