Efektivitas pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Dan Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik materi laju reaksi

Mulyani, Putri Sari Ning (2022) Efektivitas pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Dan Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik materi laju reaksi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076009_Putri Sari Ning Mulyani_Lengkap] Text (Skripsi_1808076009_Putri Sari Ning Mulyani_Lengkap)
Skripsi_1808076009_Putri Sari Ning Mulyani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi laju reaksi. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Kota Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 35 peserta didik kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan 35 peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi laju reaksi. Hal ini ditunjukkan oleh hasil rata-rata yang diuji menggunakan uji t-independent dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh yang tinggi dalam penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, hal ini dibuktikan dengan hasil uji effect size sebesar 1,68.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual (SAVI); Berpikir kreatif; Laju reaksi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Nov 2024 05:25
Last Modified: 19 Nov 2024 05:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25184

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics