Desain tes diagnostik five tier untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri

Saadah, Zumroatus (2022) Desain tes diagnostik five tier untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076025_Zumroatus Saadah_Lengkap] Text (Skripsi_1808076025_Zumroatus Saadah_Lengkap)
Skripsi_1808076025_Zumroatus Saadah_Lengkap Tugas Akhir - Zumroatus saadah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan syarat bagi siswa untuk mengetahui konsep yang benar dan menjawab dengan benar. Siswa yang tidak memahami konsep ialah ketika siswa memberikan jawaban yang salah atau benar, tetapi mereka kurang memahami konsep yang sebenarnya. Ketidaksesuaian konsep berdampak pada pemahaman konsep yang disebut dengan miskonsepsi. Tes diagnostik digunakan untuk mengidentifikasi adanya miskonsepsi siswa terhadap suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan produk instrumen tes diagnostik five tier pada materi stoikiometri. Jenis penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Teknik analisis yang digunakan diantara lain dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Uji validitas dilakukan untuk menguji kelayakan butir soal oleh validator ahli. Hasil analisis uji validasi menunjukkan bahwa instrumen valid dan dinyatakan layak digunakan pada skala kecil dengan menggunakan teknik Aiken yang ditunjukkan pada indeks Aiken lebih dari 0,80. Subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian digunakan untuk menganalisis uji validasi, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran instrumen. Hasil uji validasi diperoleh 15 soal valid. Hasil analisis uji reliabilitas diperoleh sebesar 0,8. Instrumen terdiri dari 25 soal diantaranya memiliki 7 butir soal tingkat sukar yang cukup dan memiliki 17 butir soal daya pembeda yang cukup serta 3 butir soal daya beda yang baik. Hasil analisis interpretasi five tier test diperoleh data sebanyak 52,86% siswa mengalami miskonsepsi, 3,14% siswa paham, 6,71% siswa hampir paham, 14,43% siswa kurang paham, 20,14% siswa mengalami tidak paham materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Diagnostik tes; Miskonsepsi; Stoikiometri
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:30
Last Modified: 19 Nov 2024 06:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25189

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics