Upaya meningkatkan ketrampilan pengamalan ibadah shalat dengan strategi demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Negeri Loano kabupaten Purworejo

Muhaiminurrochman, Muhaiminurrochman (2011) Upaya meningkatkan ketrampilan pengamalan ibadah shalat dengan strategi demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Negeri Loano kabupaten Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111250_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111250_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (890kB) | Preview
[thumbnail of 73111250_bab1.pdf]
Preview
Text
73111250_bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 73111250_bab2.pdf]
Preview
Text
73111250_bab2.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 73111250_bab3.pdf]
Preview
Text
73111250_bab3.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 73111250_bab4.pdf]
Preview
Text
73111250_bab4.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 73111250_bab5.pdf]
Preview
Text
73111250_bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 73111250_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111250_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara indiviual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan metode demontrasi pada mata pelajaran Fiqih materi pokok shalat kelas VII MTs Negeri Loano Kabupaten Purworejo, yaitu guru harus mempersiapkan RPP dan perangkat pembelajaran dengan baik. Guru harus lebih meningkatkan motivasi peserta didik. Guru harus lebih dapat menjelaskan alur pembelajaran dengan menggunakan metode demontrasi. Guru harus mendemonstrasikan shalat secara pelan-pelan, guru menyuruh peserta didik untuk mengamati segala kegiatan demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan teman yang sudah bisa. Guru harus sering berkeliling mendekati peserta didik dan mencatat kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama kegiatan demonstrasi berlangsung. Guru mengisi Lembar Observasi Siswa, 2) Perolehan nilai peserta didik pada masing-masing siklus di atas menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang signifikan di tiap-tiap siklusnya, Peserta didik yang semula pada siklus I ada 14 peserta didik yang tidak tuntas belajar, nilai ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 62,2%. Dan rata-rata hasil belajar, 69,4, Setelah diadakan perbaikan pada siklus II, hasil belajar menjadi meningkat, peserta didik yang tuntas belajar mencapai 89,2% atau 33 peserta didik tuntas belajar dan rata-rata hasil belajar,77,9, berarti bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Fikih materi pokok shalat.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Demonstrasi; Shalat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 03:13
Last Modified: 17 Jul 2014 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics