Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik five-tier pada materi larutan penyangga
Awwalin, Ulfa Berlian (2024) Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik five-tier pada materi larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi_1908076014_Sitti Isra Fauzia M. Tukwain_Lengkap Tugas Akhir - Isra Tukwain.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Larutan penyangga merupakan materi yang sulit dipahami dan siswa sering mengalami miskonsepsi. Perlu ditinjau ulang untuk mengetahui seberapa besar kesalahpahaman siswa setelah proses pembelajaran dan setelah pembelajaran, sehingga dengan adanya penelitian mengidentifikasi mengenai miskonsepsi dapat mengukur sejauh mana tingkat miskonsepsi siswa dan dapat menjadi masukan bagi guru. Tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi mengenai miskonsepsi dan penyebab terjadinya miskonsepsi pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 69 siswa kelas XII SMA Negeri 11 Semarang. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik five-tier. Tes dilakukan dengan menggunakan media Googleform. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa persentase miskonsepsi siswa sebesar 41,06%, tidak paham konsep 33,58%, paham konsep 8,58% dan eror 16,79%. Penyebab miskonsepsi ada beberapa, diantaranya pemikiran pribadi 29,71%, guru 0,24%, buku 1,57%, teman 5,19%, dan internet 3,86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; Tes diagnostik five-tier; Larutan penyangga |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:49 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25206 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year