Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadukan LKPD berbasis masalah terhadap hasil belajar dan respon peserta didik pada materi larutan penyangga

Rofiana, Anggita Ainur (2023) Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadukan LKPD berbasis masalah terhadap hasil belajar dan respon peserta didik pada materi larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076053_Anggita Ainur Rofiana_Lengkap] Text (Skripsi_1908076053_Anggita Ainur Rofiana_Lengkap)
Skripsi_1908076053_Anggita Ainur Rofiana_Lengkap Tugas Akhir - Anggita Ainur Rofiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran kimia yang belum bervariasi dengan metode teacher centered dapat menurunkan ketertarikan dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kimia. Kurangnya pemahaman peserta didik juga disebabkan oleh pembelajaran kimia yang bersifat abstrak, mikroskopis dan matematis, seperti materi larutan penyangga. Hal ini perlu diterapkannya penggunaan model pembelajaran yang inovatif untuk mencapai hasil belajar yang lebih tinggi dari para peserta didik. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran TPS dipadukan LKPD berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan respon peserta didik pada materi larutan penyangga melalui model pembelajaran TPS dipadukan LKPD berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Subjek dalam penelitian adalah semua kelas XI-MIPA MA NU Assalam Kudus sebanyak 74 peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test, uji N-Gain dan kriteria persentase sebagai respon peserta didik. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,736 termasuk dalam kategori tinggi. Persentase respon peserta didik sebesar 76% dengan kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar dan respon peserta didik pada materi larutan penyangga melalui model pembelajaran TPS dipadukan LKPD berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model think pair share; Larutan penyangga; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Nov 2024 03:52
Last Modified: 22 Nov 2024 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25215

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics