Perbandingan model problem based learning dan project based learning terhadap berpikir kreatif siswa materi termokimia
Kamilah, Putri Farhah (2023) Perbandingan model problem based learning dan project based learning terhadap berpikir kreatif siswa materi termokimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2008076003_Putri Farhah Kamilah_Lengkap Tugas Akhir - Putri Farhah Kamilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB)
Abstract
Pembelajaran di SMA Negeri 8 Semarang dominan menggunakan Problem Based Learning. Diperlukan suatu inovasi perbandingan model pembelajaran yang lain dalam implementasi kurikulum merdeka dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa materi termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, eksperimen semu. Jenis desain pada penelitian ini yaitu Pre-Test Post-Test Non Equivalent Comparison-Group Design. Pengambilan sampling menggunakan teknik non probability sampling. Instrumen penelitian berupa soal pre-test dan post-test, serta penilaian portofolio proses dan produk. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Hasil hipotesis melalui uji independent sample t-test pada data post-test di taraf signifikansi 5% diperoleh 0,064 > 0,05 yang menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa materi termokimia. Jika dilihat secara keseluruhan indikator berpikir kreatif siswa kedua kelas eksperimen memiliki rata-rata yang hampir sama yaitu tertinggi terjadi pada indikator elaborasi dan terendah terjadi pada indikator keaslian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL); PjB; Berpikir kreatif; Termokimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 04:08 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 04:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25217 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year