Analisis literasi sains siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) berorientasi Socio Scientific Issues (SSI) pada materi hidrokarbon
Fitri, Farah Aidil (2023) Analisis literasi sains siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) berorientasi Socio Scientific Issues (SSI) pada materi hidrokarbon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2008076017_Farah Aidil Fitri_Full Skripsi - Farah Aidil.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (24MB)
Abstract
Literasi sains dapat membantu siswa untuk berpartisipasi dalam memahami kebijakan masyarakat terhadap isu-isu sains yang berdampak bagi kehidupan sekitar. Namun, literasi sains siswa di Indonesia yang dilihat berdasarkan data PISA dan TIMSS masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model PBL berorientasi SSI dengan mengaitkan isu sosial ilmiah yakni sampah plastik sebagai konten pembelajaran pada materi hidrokarbon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis literasi sains siswa melalui model PBL berorientasi SSI pada materi hidrokarbon. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimen One-Group Pretest-Postest. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Sapeken dari kelas MIA 1 dan kelas MIA 2 pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis profil literasi sains siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Socio Scientific Issues pada materi hidrokarbon berada dalam kriteria baik. Hasil tersebut diperoleh dari data postest untuk literasi sains siswa kelas XI MIA yang menunjukkan kriteria baik dengan nilai 77,41% dari 34 siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran terhadap siswa untuk menjaga lingkungan dari dampak buruk sampah plastik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi sains; Model Problem Based Learning (PBL); Socio Scientific Issues (SSI); Hidrkarbon; Sampah plastik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 04:28 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 04:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25220 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year