Efektivitas pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan bahan alam terhadap kreativitas peserta didik pada materi elektrokimia
Ummah, Adistya Maranatha (2023) Efektivitas pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan bahan alam terhadap kreativitas peserta didik pada materi elektrokimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_Adistya Maranatha Ummah_2008076039_Lengkap Tugas Akhir - Adistya maranatha Ummah UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Elektrokimia merupakan salah satu bagian dari ilmu kimia yang dianggap sulit oleh peserta didik. Keterbatasan dalam pemahaman elektrokimia oleh peserta didik menjadi fokus penelitian. Penelitian ini menyoroti dampak lingkungan negatif dari baterai konvensional dan mendorong eksperimen praktis sebagai cara terbaik untuk memahami elektrokimia. Penelitian mengeksplorasi peran kreativitas dalam pembelajaran kimia, dengan mengusulkan pendekatan berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam memahami materi elektrokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii efektivitas pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan bahan alam dalam konteks materi elektrokimia, serta dampaknya terhadap kreativitas peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang memanfaatkan bahan alam, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Hasil nilai uji t pada penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, sementara Ha diterima. Uji N-gain pada penelitian ini didapatkan sebesar 61%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan bahan alam memiliki efek yang signifikan terhadap peningkatan kreativitas peserta didik. Temuan ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih kontekstual dan menarik bagi peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan bahan alam bukan hanya memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap materi elektrokimia, tetapi juga merangsang kreativitas peserta didik dalam merumuskan solusi dan ide-ide baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Elektrokimia; Kreativitas |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 04:33 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 04:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25221 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year