Hubungan social support terhadap penyesuaian diri siswa : studi pada siswa kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan latar belakang SMP
Widiastuti, Diah (2023) Hubungan social support terhadap penyesuaian diri siswa : studi pada siswa kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan latar belakang SMP. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
1604046091_Diah Widiastuti_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Hubungan social support terhadap penyesuaian diri siswa (studi pada siswa kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan latar belakang smp)”. Dilatar belakangi oleh adanya beberapa siswa yang mengalami permasalahan seperti kurangnya dukungan emosional sehingga membuat siswa tidak semangat dalam belajar, karena tidak ada doongan dari lingkungan sekitar baik teman ataupun yang lainya. Bertujuan untuk mengetahui Hubungan social support terhadap penyesuaian diri siswa siswa kelas X. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah terdapat Hubungan social support terhadap penyesuaian diri siswa (studi pada siswa kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan latar belakang smp).
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersbut diambil sampel sebanyak 30 siswa kelas X. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala, yang kemudian Data tersebut dianalisis menggunakan Uji Korelasi Rank Spearmen menggunakan bantuan SPSS versi 22.0 for Windows. Alat ukur penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala social support dan penyesuaian diri. Metode analisis data menggunakan korelasi sederhana, analisis deskriptif, asumsi klasik, dan
uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel social support dengan variabel penyesuaian diri dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa uji hipotesis dapat diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi social support individu, maka semakin tinggi penyesuain dirinya dan semakin rendah social support individu maka semakin rendah penyesuaian dirinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosial Support; Siswa; Penyesuaian Diri; Sekolah Menengah |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Ana Afida |
Date Deposited: | 23 Nov 2024 03:11 |
Last Modified: | 23 Nov 2024 03:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25225 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year