Upaya pengembangan akhlak perilaku peserta didik melalui metode cerita di RA Hidayatullah Ngasinan kec. Jebres Surakarta tahun 2010/2011
Harpeni, Sri (2011) Upaya pengembangan akhlak perilaku peserta didik melalui metode cerita di RA Hidayatullah Ngasinan kec. Jebres Surakarta tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111273_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (510kB) | Preview
73111273_bab1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
73111273_bab2.pdf - Accepted Version
Download (91kB) | Preview
73111273_bab3.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
73111273_bab4.pdf - Accepted Version
Download (49kB) | Preview
73111273_bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
73111273_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah akhlak perilaku peserta didik mengalami perkembangan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode cerita di RA Hidayatullah Ngasinan Kec. Jebres Surakarta tahun 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian sebanyak 20 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode cerita terlihat adanya pengembangan akhlak perilaku peserta didik. Hal ini tampak dari hasil observasi yang penulis lakukan tentang pengembangan akhlak perilaku peserta didik. Pada pra siklus prosentase aktifitas belajar peserta didik 47% dengan kriteria kurang. Sedangkan pada siklus I prosentase aktifitas peserta didik meningkat menjadi 70% dengan kriteria baik. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa aktifitas peserta didik tiap siklus meningkat secara signifikan. Dari lima aspek akhlak perilaku yang penulis amati sebagian besar sudah menguasai. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada perkembangan akhlak perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode cerita di RA Hidayatullah Ngasinan Kec. Jebres Surakarta tahun 2010/2011 diterima.
Hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan informasi dan masukan bagi para guru dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran. Metode cerita dapat digunakan sebagai upaya dalam mengembangkan akhlak perilaku peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Akhlak; Metode Pembelajaran; Metode Cerita |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 07:28 |
Last Modified: | 18 Jul 2014 07:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2525 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year