Upaya pengembangan akhlak perilaku peserta didik melalui metode cerita di RA Hidayatullah Ngasinan kec. Jebres Surakarta tahun 2010/2011

Harpeni, Sri (2011) Upaya pengembangan akhlak perilaku peserta didik melalui metode cerita di RA Hidayatullah Ngasinan kec. Jebres Surakarta tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111273_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111273_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 73111273_bab1.pdf]
Preview
Text
73111273_bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 73111273_bab2.pdf]
Preview
Text
73111273_bab2.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 73111273_bab3.pdf]
Preview
Text
73111273_bab3.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 73111273_bab4.pdf]
Preview
Text
73111273_bab4.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 73111273_bab5.pdf]
Preview
Text
73111273_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 73111273_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111273_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah akhlak perilaku peserta didik mengalami perkembangan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode cerita di RA Hidayatullah Ngasinan Kec. Jebres Surakarta tahun 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian sebanyak 20 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode cerita terlihat adanya pengembangan akhlak perilaku peserta didik. Hal ini tampak dari hasil observasi yang penulis lakukan tentang pengembangan akhlak perilaku peserta didik. Pada pra siklus prosentase aktifitas belajar peserta didik 47% dengan kriteria kurang. Sedangkan pada siklus I prosentase aktifitas peserta didik meningkat menjadi 70% dengan kriteria baik. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa aktifitas peserta didik tiap siklus meningkat secara signifikan. Dari lima aspek akhlak perilaku yang penulis amati sebagian besar sudah menguasai. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada perkembangan akhlak perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode cerita di RA Hidayatullah Ngasinan Kec. Jebres Surakarta tahun 2010/2011 diterima.
Hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan informasi dan masukan bagi para guru dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran. Metode cerita dapat digunakan sebagai upaya dalam mengembangkan akhlak perilaku peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Akhlak; Metode Pembelajaran; Metode Cerita
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Jul 2014 07:28
Last Modified: 18 Jul 2014 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics