Hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perkembangan kepribadian anak usia dini pada kelompok B di RA Darussalam Surakarta tahun pelajaran 2009/2010

Suyatmi, Sri (2011) Hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perkembangan kepribadian anak usia dini pada kelompok B di RA Darussalam Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111308_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111308_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (934kB) | Preview
[thumbnail of 73111308_bab1.pdf]
Preview
Text
73111308_bab1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 73111308_bab2.pdf]
Preview
Text
73111308_bab2.pdf - Accepted Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 73111308_bab3.pdf]
Preview
Text
73111308_bab3.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 73111308_bab4.pdf]
Preview
Text
73111308_bab4.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 73111308_bab5.pdf]
Preview
Text
73111308_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 73111308_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111308_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perkembangan kepribadian anak usia dini pada Kelompok B di RA Darussalam Surakarta Tahun Pelajaran 2009/ 2010.
Penelitian ini menggunakan metode random sampling, subjek penelitian sebanyak 32 anak, pengumpulan data menggunakan kuesioner terstruktur untuk pencarian data Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga (X), Nilai Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini pada Kelompok B di RA Darussalam Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 (Y)
Berdasarkan analisa korelasi tentang hubungan antara Pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan Perkembangan kepribadian anak usia dini pada Kelompok B di RA Darussalam Surakarta diperoleh “r” tabel (rt) pada taraf signifikansi 5 % sebesar 0,349, sedangkan pada taraf signifikansi 1 % sebesar 0,349. Ternyata ro yaitu 0,457 adalah lebih besar dari rt baik pada taraf signifikansi 5 % maupun taraf signifikansi 1 %. Dengan demikian berarti ada hubungan yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga (variabel x) terhadap perkembangan kepribadian anak (variabel y) di RA Darussalam Surakarta.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada para mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Keluarga; Kepribadian Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Jul 2014 07:29
Last Modified: 18 Jul 2014 07:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2526

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics