Implementasi metode inquiry dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas XI semester genap di Madrasah Aliyah Al Hidayat Lasem Rembang tahun ajaran 2009/2010

Sholihuddin, Moh (2011) Implementasi metode inquiry dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas XI semester genap di Madrasah Aliyah Al Hidayat Lasem Rembang tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111500_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111500_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73111500_bab1.pdf]
Preview
Text
73111500_bab1.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 73111500_bab2.pdf]
Preview
Text
73111500_bab2.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 73111500_bab3.pdf]
Preview
Text
73111500_bab3.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 73111500_bab4.pdf]
Preview
Text
73111500_bab4.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 73111500_bab5.pdf]
Preview
Text
73111500_bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 73111500_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111500_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode inquiry dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas XI semester genap di Madrasah Aliyah Al Hidayat Lasem, Rembang tahun ajaran 2009/2010, serta apa saja problematika implementasi metode inquiry dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas XI semester genap di Madrasah Aliyah Al-Hidayat Lasem Rembang tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1). Observasi yaitu untuk mengetahui implementasi metode inquiry dalam pembelajaran SKI kelas XI semester genap di Madrasah Aliyah Al Hidayat Lasem Rembang tahun ajaran 2009/2010 serta problematikanya 2). Interview atau wawancara yaitu untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan implementasi metode inquiry dalam pembelajaran SKI kelas XI semester genap di Madrasah Aliyah Al Hidayat Lasem Rembang tahun ajaran 2009/2010. Selain itu interview digunakan untuk mengetahui problematika yang dihadapi pada implementasi metode inquiry dalam pembelajaran SKI kelas XI di Madrasah Aliyah Al Hidayat Lasem Rembang tahun ajaran 2009/2010 3). Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data yang berhubungan dengan kondisi pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berupa jadwal pembelajaran, rencana pembelajaran serta dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode inquiry dalam pembelajaran SKI kelas XI semester genap di Madrasah Aliyah Al Hidayat Lasem Rembang tahun ajaran 2009/2010 sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya kesiapan dari guru pengajar dan tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, adanya komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk bimbingan dan pengawasan selama peroses pembelajaran adalah salah satu bukti, hal ini dilakukan karena metode pembelajaran inquiry merupakan metode baru yang dikenalkan oleh guru kepada para siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Pada praktiknya, implementasi metode inquiry dalam pembelajaran SKI kelas XI semester genap di Madrasah Aliyah Al Hidayat Lasem Rembang tahun ajaran 2009/2010 memiliki problematika yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Adapun problematika yang penulis temukan diantaranya heterogenitas pendidikan dan keluarga peserta didik hal ini menjadikan guru mengalami kesulitan dalam upayanya mencapai tujuan pembelajaran. Selain heterogenitas peserta didik problematika lain adalah kompetensi guru, belum terbiasanya guru menggunakan metode inquiry dan terbatasnya sarana pembelajaran. Problematika dan kekurangan-kekurangan tersebut disadari oleh pihak pengelola karenanya untuk meminimalisir kekurangan tersebut Madrasah selalu berusaha untuk menambah buku-buku bacaan di perpustakaan sekaligus menyediakan buku ajar sebagai tambahan referensi bagi belajar siswa, disamping mengadakan pertemuan bulanan bagi guru-guru yang dimaksudkan untuk memberikan wadah kesempatan kepada staf madrasah untuk mengadakan dialog antar personal guna membahas problematika Madrasah khususnya yang terkait dengan sistem pembelajaran.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sejarah Kebudayaan Islam; Metode Pembelajaran; Inquiry
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Jul 2014 07:37
Last Modified: 18 Jul 2014 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2527

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics