Strategi guru dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ngaliyan tahun pelajaran 2022-2023
Shihabuddin, M. Afif (2023) Strategi guru dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ngaliyan tahun pelajaran 2022-2023. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Tesis_2000018041_M. AFIF SIHABUDDIN_Full Tesis - shihab afif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pada dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahasa Arab. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun oleh guru kelas VI di madrasah ibtidaiyah se-kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Guru memiliki kewajiban untuk melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Seorang guru harus menyiapkan perencanaan pembelajaran yang baik di dalam kelas. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana strategi guru bahasa Arab dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran kelas VI di MI? (2) mengapa penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VI di MI sangat penting bagi guru?. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumen dan melakukan wawancara terhadap guru bahasa Arab. Kumpulan data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Hubberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru bahasa Arab MI Baitul Huda melakukan strategi pengembangan dalam kegiatan pembelajaran, pengembangan metode ajar, dan kriteria penilaian. Guru bahasa Arab di MI Darul ‘Ulum melakukan strategi pengembangan dalam metode ajar, materi ajar yang beragam dan kriteria penilaian. guru bahasa Arab di MI Islamiyah melakukan strategi pengembangan dalam metode pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. (2) Guru yang menyusun RPP bahasa Arab untuk kelas VI sangat penting karena menjadikan pembelajaran lebih terstruktur, alokasi waktu pembelajaraan lebih akurat, materi ajar lebih mudah dipahami, inovasi penilaian bisa diterapkan oleh guru dan memudahkan guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; Madrasah ibtidaiyah; Rencana pelaksanaan pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 30 Nov 2024 01:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2024 01:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25312 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year