Problematika pembelajaran keterampilan membaca pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Kota Semarang

Mulkan, Muhammad (2022) Problematika pembelajaran keterampilan membaca pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1900018028_Muhammad Mulkan_Lengkap] Text (Tesis_1900018028_Muhammad Mulkan_Lengkap)
Tesis_1900018028_Muhammad Mulkan_Lengkap Tugas Akhir - sambarrio TV(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Beragamnya latar belakang pendidikan mahasiswa dalam prodi pendidikan bahasa Arab menjadikan beragam pula tingkat kualitas pengetahuan mereka. Sebagian mereka pernah belajar bahasa Arab dan sebagian lainnya sama sekali belum pernah mempelajarinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui problem apa saja, faktor penyebab problem muncul, dan untuk mengetahui bagaimana solusi dan penanganan yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Peneliti menggunakan triangulasi untuk menguji keabsahan data. Analisis data dilakukan. melalui tiga tahap, yaitu redukasi data, display data dan kesimpulan. Kajian ini menunjukkan bahwa: bedasarkan perkuliahan Qira’ah Basiṭah, problem yang muncul dan sering ditemukan adalah mahasiswa yang kesulitan dalam berbicara atau mengungkapkan sebuah ungkapan dalam bahasa Arab, solusi yang dilakukan dosen yaitu cenderung lebih sering memberikan tugas berupa menulis dalam bahasa Arab serta video berbicara atau membaca dalam bahasa Arab sesuai dengan materi yang diberikan kepada seluruh mahasiswa. Sedangkan perkuliahan Hiwarat wa al-Maṣrahiyat, problem yang sering muncul yaitu keterbatasan mufradat dari para mahasiswa dan keberanian untuk berbicara Bahasa Arab, solusi yang dilakukan dosen yaitu mewajibkan untuk selalu menggunakan bahasa Arab selama pembelajaran berlangsung, dan dianjurkan juga untuk selalu menggunakannya juga diluar kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Pembelajaran, Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic > 492.78 Arabic standard usage (Linguistik Bahasa Arab)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76131 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2024 02:38
Last Modified: 02 Dec 2024 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics