Pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MA PK) Al Hikmah 2 Brebes

Alfat, Fitriyani Hayatul (2023) Pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MA PK) Al Hikmah 2 Brebes. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1800018028-Fitriyani Hayatul Alfat-Full] Text (Tesis_1800018028-Fitriyani Hayatul Alfat-Full)
Tesis_1800018028-Fitriyani Hayatul Alfat-Full Tesis - 32-Fitriyani Hayatul Alfat.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif di MA PK Al Hikmah 2 Brebes dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan subjek penelitian siswa, guru dan pembina bahasa MA PK Al-Hikmah 2 Benda. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam analisa data tersebut, dimulai dengan menelaah data, setelah data terhimpun, kemudian diklarifikasikan dan dianalisis isinya, diimpretasikan kemudian disimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MA PK Al Hikmah 2 Brerbes, dari segi tujuan pembelajaran, metode dan bahan ajar yang digunakan, materi yang diajarkan, dan evaluasi yang diterapkan sesuai dengan Pembelajaran bahasa komunikatif baik itu prinsip-prinsip maupun karakteristik dalam pengajaran bahasa dengan pendekatan komunikatif. Adapun faktor pendukung dalam Pembelajaran Keterampilan di MA PK dipengaruhi oleh faktor tenaga pengajar, pembina dan pengurus bahasa kompeten dalam menguasai bahasa Arab, adanya budaya berbahasa Arab dan evaluasi pengembangan bahasa yang berjalan cukup baik seperti kegiatan Teaching Programme dan study banding. MAK juga
ditunjang dengan fasilitas yang cukup memadai dengan adanya lab
bahasa dan ruang sanggar bahasa. Ini tentu menjadi daya tarik siswa, karenanya pembelajaran bahasa menjadi lebih hidup dan siswa mampu berkreasi dan berekspresi menunjukkan bakat mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; Keterampilan berbicara; Pendekatan komunikatif: MA PK Al Hikmah 2 Brerbes
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic > 492.78 Arabic standard usage (Linguistik Bahasa Arab)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:25
Last Modified: 03 Dec 2024 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25359

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics