Laman Live Shopping di E-Commerce pengaruh dalam menciptakan perilaku konsumtif: jean baudrillard-berahi
Mubarok, Farhan Zulfa Al (2023) Laman Live Shopping di E-Commerce pengaruh dalam menciptakan perilaku konsumtif: jean baudrillard-berahi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1704016070_Farhan Zulfa Al Mubarok_Lengkap Tugas Akhir - Farhan Zulfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (960kB)
Abstract
Teknologi saat ini semakin berkembang begitu pesat, tentunya mengubah dinamika kehidupan manusia saat ini. Internet merupakan salah satu dampak dari perkembangnya teknologi, dengan internet kehidupan manusia menjadi lebih praktis serta cepat berubah. Dengan adanya fenomena belanja online manusia mendapatkan kemudahan dalam berbelanja. Salah satu dampak adanya belanja online adalah perilaku konsumtif yang tidak lagi terkontrol yang semua manusia menjadi subjek dan barang adalah objek, namun kini berubah manusia sebagai objek dan barang sebagai subjek. Perilaku manusia yang begitu konsumtif karena dengan berbagai penawaran melalui marketplace dengan tawaran-tawaran seperti flash sale, diskon, cuci gudang, dll. Berubahnya makna saat berbelanja yang semula berbelanja untuk sebuah kebutuhan kini berbalanja hanya untuk pemuasaan hawa nafsu demi penilaian dan strata sosial. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Live Shopping dalam menciptakan konsumerisme yang tinggi dalam membeli sesuatu barang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan filosfis, dan penelusuran yang digunakan adalah penelusuran pustaka yaitu, penelitian yang kajiannya atau pokok pembahasan dengan menelusuri dan meneliti literatur primer dan sekunder yang berkaitan dengan topik bahasan. Kajian ini berfokus pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteks. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya inovasi-inovasi yang dilakukan sesuai dengan perkembangan teknologi, Live Shopping merupakan suatu metode yang dapat menarik konsumen secara signifikan untuk menghabiskan uang demi pemenuhan hasrat berbelanja yang tinggi tanpa melihat barang tersebut dibutuhkan atau tidak oleh konsumen. Dengan penawaran yang menarik dan kemudahan yang didapat ketika berbelanja online membuat hasrat berbelanja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Live shopping; E-commerce; Berahi; Konsumsi |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 06:26 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 06:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25369 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year