Relasi kuasa guru dan murid pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) rayon Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Tugurejo: analisis Michel Foucault
Fauzi, Ahmad (2023) Relasi kuasa guru dan murid pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) rayon Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Tugurejo: analisis Michel Foucault. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1904016079_Achmad Fauzi_Full Skripsii - Ahmad Fauzi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (550kB)
Abstract
Pencak Silat PSHT Rayon Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Tugurejo, Tugu, Kota Semarang adalah salah satu organisasi intra Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Tugurejo, Tugu, Semarang. Pencak Silat PSHT selain mengajarkan bela diri juga mempunyai kegiatan yang bertujuan mengembangkan sikap ketawadhuan murid terhadap guru untuk membentuk pribadi yang berbudi pekerti luhur. Penelitian ini menjelaskan relasi kuasa guru dan murid pencak silat PSHT Rayon Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Tugurejo menurut Michel Foucault. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui bagaimana relasi kuasa guru dan murid pencak silat PSHT Rayon Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Tugurejo (2) bagaimana relasi kuasa guru dan murid pencak silat PSHT Rayon Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Tugurejo perspektif Michel Foucault. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Relasi kuasa guru dan murid pencak silat PSHT Rayon Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Tugurejo, Tugu, Semarang, ada penyalahgunaan kekuasaan antara guru dan murid. Penyebabnya yaitu adanya kesenjangan yang tidak seimbang yang mengakibatkan terjadinya tindakan kekerasan. (2) Michel Foucault menjelaskan kekuasaan selalu berkaitan lewat pengetahuan dan pengetahuan selalu memiliki efek kuasa. Apabila pelaku kekerasan mempunyai derajat kuasa lebih tinggi, maka murid memilih untuk tidak percaya diri dalam menghadapi masalah yang terjadi. Hubungan antara kekuasaan dan pengetahuan saling berkaitan erat dan tidak dapat dipisahkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relasi kuasa; Guru; Murid; PSHT; Michel Foucault |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 07 Dec 2024 01:25 |
Last Modified: | 07 Dec 2024 01:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25434 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year