Nilai-nilai humanistik dalam pendidikan Pondok Pesantren Pabelan Magelang
Maryanto, Maryanto (2022) Nilai-nilai humanistik dalam pendidikan Pondok Pesantren Pabelan Magelang. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Disertasi_1400039066_Maryanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Nilai-nilai humanistik Islam sangat diperlukan untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik, untuk itu nilai-nilai humanistik harus diinternalisasikan di Pondok Pesantren termasuk Pondok Pesantren Pabelan Magelanguntuk mendidik dan menanamkan nilai-nilai humanistik tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menanamkan nilai-nilai humanistik dalam mendidik di Pondok Pesantren Pabelan Magelang, dan untuk mengetahuai pentingnya penanaman nilai-nilai humanistik di Pondok Pesantren Pabelan Magelang.
Jenis penelitian disertasi ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitiatif. Focus dan tempat penelitian ini adalah tentang nilai-nilai humanistik yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Pabelan Magelang. Sumber data primer berupa hasil wawancara dari pimpinan pondok, para ustadz, guru praktek, santri dan angket walisantri. Sedangkan data sekunder berupa buku-buku yang terkait dengan Pondok Pesantren Pabelan. Teknik pengumpulan datanya meliputi; wawancara, observasi partisipan, angket, dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan adalah triangulasi dengan cara wawancara, observasi, angket dan dokumentasi
Temuan penelitian ini adalah pertama; nilai-nilai humanistik di Pondok Pesantren Pabelan ini tercermin dengan nilai-nilai yang menjiwai santri yang disebut Panca Jiwa yaitu keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah Islamiyah,kemandirian dan kebebasan.Kedua; Cara Penanamannya: Pertama, keikhlasan dengan khutbah iftitah di awal tahun oleh pimpinan Pondok, kedua, kesederhanaan dengan membiasakan kesederhanaan selama di Pondok, ketiga, ukhuwah dengan mengajarkan solidaritas dalam bentuk Organisasi Pelajar Pondok (OPP), keempat berdikari, dengan mengajarkan untuk sportif dan tidak mengandalkan orang lain dan kelima, kebebasan, dengan memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada santri dengan tidak merugikan orang lain.
ABSTRACT:
Islamic humanistic values are eminently required to develop all the potential of students, for the reason that humanistic values must be internalized in Pondok Pesantren (Islamic Boarding Schools) including Pondok Pesantren Pabelan Magelang (Pabelan Islamic Boarding School in Magelang) to educate and instill these humanistic values. Therefore, this study has the purposes of finding out the humanistic values which are instilled and knowing the implementation of instilling those values at Pabelan Islamic Boarding School, Magelang.
The type of this dissertation research is field research using a qualitative approach. The focus of this research ison humanistic values which are implemented at the Pabelan Islamic Boarding School, Magelang. Primary data sources in the form of interviews from the leaders of the boarding school, the ustadz (teachers), practice teachers, santri (students), and guardian questionnaires. Meanwhile, secondary data is in the form of books related to the Pabelan Islamic Boarding School. The data collection techniques include; interviews, participant observation, questionnaires, and documentation. While the method used is triangulation using interviews, observations, questionnaires, and documentation
The findings of this research are first; the humanistic values at the Pabelan Islamic Boarding School are reflected in the values that animate students called the Panca Jiwa (five values) namely sincerity, simplicity, Ukhuwah Islamiyah (Islamic brotherhood), independence, and freedom. Second; How to plant it: First, sincerity, with the KhutbahIftitah(introductory sermon) at the beginning of the year by the leadership of the Pondok, second, simplicity, by getting used to simplicity while at the Pondok, third, ukhuwah by teaching solidarity in the form of OrganisasiPelajar Pondok (OPP) or the Pondokstudentsorganization, fourth being independent, by teaching to be sportsmanship and not relying on others and fifth, freedom, by giving the students the widest possible freedom without harming others.
Item Type: | Thesis (Dr/PhD) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Humanistik; Pendidikan; Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 03:13 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 03:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25494 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year