Analisis pesan dakwah dikalangan remaja dalam akun Tiktok @Heyouw0

Zuliansah, Muhammad Fariz (2024) Analisis pesan dakwah dikalangan remaja dalam akun Tiktok @Heyouw0. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026039_Muhammad_Fariz_Zuliansah] Text (Skripsi_1701026039_Muhammad_Fariz_Zuliansah)
Skripsi_1701026039_Muhammad_Fariz_Zuliansah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Proses penyampaian pesan melalui media pun mengalami pergeseran penting. Jika media selama ini merupakan pusat informasi, dan informasi itu diberikan atau dipublikasikan dengan satu arah, kini media lebih interaktif. Khalayak tidak lagi sekedar obyek yang terpapar oleh informasi, tetapi khalayak telah dilibatkan lebih aktif kerena teknologi menyebabkan interaksi di media bisa terjadi. Kalau seandainya terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda. Pertama, meluas dan serempak. Artinya dapat mengatasi rintangan dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang pada saat yang sama. Kedua, memakai peralatan teknis atau mekanis. Seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya. Ketiga, bersifat terbuka. Artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan di mana saja tanpa mengenal usia, jenis keamin dan suku bangsa. Salah satu dari keragaman cara berdakwah yaitu dibuatnya konten pesan dakwah singkat sebagai sarana menyampaikan suatu pesan dakwah kepada “mad’u” dalam hal ini pengguna social media TikTok. Konten yang disampaikan sebagai media untuk berdakwah dan menyampaikan nilai-nilai islam seperti ketaqwaan, kesucian, nilai moral dan lainnya, dengan cara mencantumkan teks dakwah serta latar belakang gambar yang menarik dan lantunan ayat suci Al- Qur’ang
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam media massa alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, dan televisi. Ada beberapa karakteristik media massa, yaitu: pertama, bersifat melembaga. Artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yaitu mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai kepada penyajian informasi. Kedua, bersifat satu arah. Artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima.

Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa kategori pesan akidah yaitu beratnya istiqomah dalam beribadah, cara Allah rindu dengan hamba – Nya, dan mempertanyakan kepada Allah tentang kodratnya manusia. Selain itu pada kategori pesan akhlah yaitu terdapat topik berbeda dalam mencari pahala, toleransi dalam beragama, menghujat sesama manusia, dan pentingnya menepati janji. Sedangkan pada rincian pesan syariah ditemukan makna 5 lifehack agar puasa jadi lancar dan nangis saat berpuasa, batal?

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis isi; TikTok; Pesan Dakwah; Da’i; Mad’u
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Annisa Fitriani Nurqolbi
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:12
Last Modified: 09 Jan 2025 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25511

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics