Pengaruh bimbingan penyuluhan Islam dengan motivasi belajar Al-Quran terhadap anak di Majelis Taklim Kabupaten Kendal

Albab, Ulil (2024) Pengaruh bimbingan penyuluhan Islam dengan motivasi belajar Al-Quran terhadap anak di Majelis Taklim Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701016066_Ulil_Albab] Text (Skripsi_1701016066_Ulil_Albab)
Skripsi_1701016066_Ulil_Albab.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh Bimbingan Penyuluhan Islam menggunakan metode layanan bimbingan kelompok untuk memotivasi anak dalam belajar Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian dari orang tua dalam mengajarkan pelajaran Al-Qur’an terhadap anak serta faktor lingkungan yang menyebabkan anak menjadi malas untuk mempelajari Al-Qur’an. Bimbingan penyuluhan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu cara untuk mengetahui permasalahan pada anak. Bimbingan kelompok ini nantinya akan membantu anak-anak agar lebih terarah, disiplin dan rajin di dalam pembelajaran serta mengerti sesuatu yang belum mereka pahami. Proses pemberian pelakuan terhadap anak-anak, dapat dilihat dari cara pandang anak dalam menyelesaikan tugas-tugas tanpa harus mengorbankan dunia permainannya Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif eksperimen. Design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One-Group Pretest-Posttes Design. Populasi dengan 64 anak yang mengikuti pembelajaran di majelis taklim dan mengambil sampel dari populasi untuk diujicobakan sejumlah 24 sampel. Dalam hal ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, wawancara, di uji validitas serta duji normalitas dan uji T sampel berpasangan. Hasil analisis penelitian menunjukkan hipotesis yang diajukan menyatakan hasil Ini menunjukan bahwa Ha diterima dengan adanyanya perbedaan yang signifikan dari sebelum dan setelah diberikannya perlakuan bimbingan kelompok. Hasil dari uji t Berdasarkan output yang diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,000. Pada tabel 5.5 t hitung > dari t tabel maka signifikan. Hasil dari uji diatas -14,793 < dari -12,675 maka signifikan. Hasil dari signifikan adanya perbedaan rata-rata hasil motivasi belajar pretest kelas eksperimen dan posttest kelas eksperimen. Terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan setelah dilakukan perlakuan terdapat perubahan pada motivasi belajar Al-Qur’an pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Penyuluhan Islam; Bimbingan Kelompok; Motivasi belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Keisha Ainaya Fatikha
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:28
Last Modified: 09 Jan 2025 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25521

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics