Strategi komunikasi Edgar Hamas di akun Instagram @gen.saladin dalam menyebarkan dakwah berbasis sejarah

Sa’adah, Khotimatus (2024) Strategi komunikasi Edgar Hamas di akun Instagram @gen.saladin dalam menyebarkan dakwah berbasis sejarah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026098_Khotimatus_Sa'adah] Text (Skripsi_1701026098_Khotimatus_Sa'adah)
Skripsi_1701026098_Khotimatus_Sa'adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter merupakan media yang dianggap efektif dalam menyebarkan dakwah Islam karena mudah diakses kapan saja dan dimana saja sehingga penyebaran dakwah Islam dapat dilakukan secara cepat dengan jangkauan khalayak yang luas. Dalam pengelolaan sebuah media sosial, diperlukan adanya strategi komunikasi agar tujuan dalam menyebarkan informasi dapat dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh akun instagram @gen.saladin dalam menyebarkan dakwah. Jenis penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif deskriptif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Milles dan Huberman yaitu Data Reduction (Reduksi Data). Data Dispay (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ Verification (kesimpulan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi komunikasi yang diterapkan oleh edgar hamas di akun instagram @gen.saladin meliputi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan: mengidentifikasi topik-topik sejarah yang relevan, melakukan validitas materi dakwah yang akan dipublikasikan, merancang konten yang menarik dan relevan, menghubungkan sejarah dengan kehidupan sehari-hari kemudian tahap pelaksanaan yang meliputi, konten video pendek, konten infografis, membuat instastory dan pos naratif, melakukan live streaming dan diskusi interaktif. terakhir, adalah evaluasi yang berisikan serangkaian koreksi komunitas @gen.saladin yang telah direncanakan dan dilaksanakan untuk kemudian dievaluasi dan dijadikan sebagai bahan untuk lebih baik kedepan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Dakwah; Instagram; Edgar Hamas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Annisa Fitriani Nurqolbi
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:30
Last Modified: 09 Jan 2025 02:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25523

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics