Strategi pemasaran dalam meningkatkan ketertarikan calon jemaah haji dan umroh di PT. Madinah Iman Wisata Tour

Saidah, Zumrotus (2024) Strategi pemasaran dalam meningkatkan ketertarikan calon jemaah haji dan umroh di PT. Madinah Iman Wisata Tour. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701056030_Zumrotus Saidah] Text (Skripsi_1701056030_Zumrotus Saidah)
Skripsi_1701056030_Zumrotus Saidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bagi umat islam ibadah haji dan umroh merupakan kewajiban bagi yang mampu. antusiasme masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah dari tahun ketahun menjadikan semakin meningkat, menarik minat PT. Madinah Iman Wisata untuk menjadi biro perjalanan penyelenggaraan haji dan umrah.
Peneliti tertarik untuk meneliti strategi pemasaran untuk meningkatkan ketertarikan jamaah pada PT. Madinah Iman Wisata dengan studi analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan ketertarikan calon jamaah haji dan umrah di PT. Madinah Iman Wisata Tour. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian teknis analisis deskriptif, berawal dari sebuah teori yang mencoba menerapkan secara realita ditempat penelitian. Peneliti menggunakan teori untuk melihat realita tentang strategi pemasaran paket perjalanan yang ada pada PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan. Menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil dari penelitian perkembangan PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan tidak terlepas dari program atau paket perjalanan haji dan umrah pada PT. Madinah Iman Wisata menyediakan tiga paket umrah meliputi paket promo, reguler dan VIP. Untuk produk atau paket perjalanannya meliputi: paket haji khusus, paket umrah mahabbah (umrah reguler), paket umrah keluarga, paket umrah group, paket umrah ramadhan dan paket umrah plus.Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah yang di terapkan pada PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan yaitu dengan cara menerapkan konsep strategi pemasaran yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi penyaluran (distribusi) dan strategi promosi. Madinah Iman Wisata juga menerapkan strategi bersaing dalam menumbuhkan keunggulan bersaing agar tetap eksis ditengah maraknya biro perjalanan haji dan umroh lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Ketertarikan Jemaah; Haji dan Umrah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Khaila Ananda Taqiyyah
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:07
Last Modified: 09 Jan 2025 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25535

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics