Kepuasan masyarakat Mranggen terhadap layanan penyelenggaraan haji tahun 2023 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Mranggen
Ihsanuddin, Muhammad Nur (2024) Kepuasan masyarakat Mranggen terhadap layanan penyelenggaraan haji tahun 2023 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1701056038_Muhammad_Nur_Ihsanuddin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Haji merupakan kunjungan umat muslim ke Baitullah . Ibadah haji dihukumi wajib bagi umat muslim apabila ia memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan, baik dalam hal lahiriyah, batiniyah, serta ekonomi. Apabila seorang muslim telah memenuhi syarat istitha’ah maka diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji, namun hanya diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji sekali dalam seumur hidup. Haji yang sesuai dengan tuntunan syariat Islam mengenai rukun, syarat wajib haji, serta sunnah-sunnah yang terdapat dalam ibadah Haji.
Pelayanan yang baik dan memuaskan kepada publik menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara pelayanan public. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan layanan yang berkualitas dari Kantor Urusan Agama (KUA) khususnya KUA Kecamatan Mranggen, maka sebagai penyelenggara layanan yang mendapat kepercayaan dari masyarakat, KUA Kecamata Mranggen harus senantiasa memperhatikan kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan. Kualitas layanan merupakan aspek yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh penyelenggara layanan, karena layanan berhubungan langsung dengan manfaat yang dirasakan oleh konsumen. Tuntutan layanan yang baik dan memuaskan kepada konsumen menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap penyelenggara layanan. Layanan meliputi seluruh aktivitas yang diberikan kepada calon jamaah haji, mulai dari saat pendaftaran hingga kembali dari ke rumah masing-masing jamaah haji. Oleh sebab itu diperlukan adanya analisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kulaitas layanan pada setiap penyelenggara layanan, khususnya pada KUA Kecamatan Mranggen.
KUA Mranggen merupakan salah satu wadah komunikasi untuk proses pembinaan hingga pendampingan para calon jamaah haji di Kecamatan Mranggen. KUA bekerja sama dengan Lembaga terkait seperti Kementerian Agama Demak untuk menyelenggarakan ibadah haji.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan haji oleh KUA Kecamatan Mranggen. Penelitian ini dilakukan KUA Kecamatan Mranggen dan disesuaikan dengan tempat narasumber dengan menggunakan metode deskriptif – kualitatif. Dalam penelitian ini penulis berusaha memberikan Gambaran objek yang diteliti secara sistematis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara umum kualitas pelayanan haji yang diberikan oleh KUA Kecamatan Mranggen sudah dapat terlaksana dengan baik, dengan menjalankan faktor-faktor terlaksananya kualitas pelayanan yang baik, yaitu : Tangibles (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (kepastian), dan Empathy (empati).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan masyarakat; Penyelenggaraan haji; Kantor Urusan Agama; Kualitas layanan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Khaila Ananda Taqiyyah |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 03:13 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 03:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25538 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year